Kebahagiaan

genova-3.jpg

Sejarah Filsafat Yunani

Tujuan Terakhir Hidup Manusia menurut Aristoteles: Kebahagiaan

Menurut Aristoteles hidup manusia akan semakin bermutu semakin ia mencapai apa yang menjadi tujuannya. Karena dengan mencapi tujuan hidupnya, manusia mencapai dirinya sepenuh-penuhnya. Dengan demikian, hidupnya mencapai mutu sepenuh-penuhnya yang terbuka baginya. Karena itu  pertanyaan inti Aristoteles adalah apa yang merupakan tujuan manusia.

”Apakah tujuan hidup manusia?” Menurut Aristoteles, apa pun yang bergerak dan apa pun yang dilakukan manusia mesti demi sesuatu yang baik, demi suatu nilai. Nilai itulah tujuannya. Namun, ada dua macam tujuan. Ada yang dicari demi suatu tujuan lebih jauh, dan ada yang dicari demi dirinya sendiri. Uang, misalnya, bukan dicari demi dirinya sendiri, melainkan karena uang merupakan sarana untuk mencapai tujuan lebih jauh, misalnya untuk membiayai pendidikan. Namun, apakah pendidikan merupakan tujuan pada dirinya sendiri? Untuk apa kita mencari pendidikan? Untuk menemukan pekerjaan yang memuaskan. Namun, memuaskan dalam arti apa? Barangkali dalam arti menghasilkan uang banyak. Lalu uang banyak itu untuk apa? Kelihatanlah bahwa tujuan-tujuan itu semua hanya sementara, hanya sebagai sarana, bukan sebagai tujuan pada dirinya sendiri. Namun, akhirnya harus ada sesuatu yang tidak hanya dicari demi sesuatu yang lain lagi, melainkan demi dirinya sendiri. Sesuatu yang bernilai pada dirinya sendiri.

”Apa yang kita cari demi dirinya sendiri?” Aristoteles menjawab: Itulah eudaimonia, kebahagiaan. Kebahagiaan merupakan tujuan terakhir hidup manusia. Mengapa? Di satu pihak, karena apabila sudah bahagia, manusia tidak memerlukan apa-apa lagi. Di lain pihak, jika orang sudah bahagia, tidak masuk akal masih mencari sesuatu yang lain lagi. Kebahagiaan itulah yang baik pada dirinya sendiri. Kebahagiaan bernilai bukan demi suatu nilai lebih tinggi lainnya, melainkan demi dirinya sendiri.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s